Program Studi Ilmu Komputer
Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Hasanuddin

Sejak Tahun 2014 Departemen Matematika Universitas Hasanuddin yang dahulunya hanya menyelenggarakan dua Program Studi Sarjana (S1) yakni Program Studi Matematika dan Program Studi Statistika. Melalui Surat Keputusan Izin Penyelenggara Prodi Ilmu Komputer No 163/E/O/2014 tanggal 10 Juni 2014 oleh Direktorat Kelembagaan Dirjen Dikti  Kemendikbud, Deprtemen Matematika juga menyelenggarakan program studi ketiga, Program Studi Ilmu Komputer, dan sejak bulan Agustus 2014 telah menerima mahasiswa baru angkatan pertama sebanyak 61 orang berdasarkan Surat Keputusan Dekan FMIPA Unhas No. 1869/UN.4.12/KP/44/2014 tanggal 18 Agustus 2014.

Kurikulum Perguruan Tinggi (KPT) Program Studi Ilmu Komputer telah ditetapkan melalui Rapat Senat Fakultas MIPA Unhas yang digunakan dalam kegiatan operasional pembelajaran bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer. Draft KPT juga telah diteruskan ke Senat Universitas untuk disahkan sebagai KPT PS Ilmu Kompuetr 2014-2017 yang telah diterapkan pada Semester Awal Tahun Akademik 2014-2015. KPT ini telah mengacu pada KKNI yang dilengkapi dengan GBRP beberapa matakuliah. Kegiatan ini merupakan program PPKPS (Program Pengembangan Kapasitas Program Studi) melalui sumber pendanaan BOPTN (Bantuan Operasinal Perguruan Tinggi Negeri) tahun 2015 yang  menghasilkan 40 GBRP dan Bahan ajar dari beberapa matakuliah yang ada di Program Studi Ilmu Komputer disamping penyempurnaan KPT Program Studi Ilmu Komputer. Pada kegiatan PPKPS tahun 2016  dilaksanakan revisi 40 bahan ajar yang sudah ada disamping pembuatan 16 GBRP dan bahan ajar yang masih tersisa serta membuat 2 bahan ajar untuk Mata Kuliah baru. Disamping itu untuk melengkapi instrumen pembelajaran maka pada kegiatan ini juga mengupload semua bahan ajar yang telah direvisi dan yang baru akan dibuat sekaligus setiap pertemuan pada LMS Program Studi Ilmu Kompter Universitas Hasanuddin. Bahan ajar dan GBRP ini merupakan salah satu sumber belajar bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer yang dapat diakses melalui LMS disamping sumber belajar yang lain.

Program penyelaran kurikulum merupakan salah satu program PPKPS  tahun anggaran 2017 yang harus dilaksanakan oleh program studi dalam lingkup Universitas Hasanuddin dalam hal ini program studi Ilmu Komputer melalui pendanaan BP PTN-BH (Bantuan Pendidikan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum).

Pada Tahun 2017 Universitas Hasanuddin (UNHAS) secara resmi mendeklerasikan untuk mengimplementasikan Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH). Kepercayaan pemerintah melalui pemberian status otonomi yang lebih luas kepada Unhas sebagai PTN-BH membawa konsekuensi kepada Unhas untuk lebih meningkatkan mutu penyelenggaraan Tri Dharma guna memperkuat daya saing internasional melalui pengelolaan perguruan tinggi yang lebih efektif, efisien dan akuntabel.

 

Sejalan dengan upaya mewujudkan Unhas sebagai Universitas bertaraf internasional, Program Studi Ilmu Komputer Departemen Matematika Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin yang berdiri sejak Tahun 2014 Melalui Surat Keputusan Izin Penyelenggara Prodi Ilmu Komputer No 163/E/O/2014 tanggal 10 Juni 2014 oleh Direktorat Kelembagaan Dirjen Dikti  Kemendikbud, telah menerima dan menyelenggarakan kegiatan Program Peningkatan Kapasitas Program Studi (PPKPS) sejak tahun 2015. Pada tahun 2017 ini kembali Program Studi Ilmu komputer menerima hibah internal Unhas melalui dana BOPTN sebesar 200 Juta Rupiah. Dalam kegiatan PPKPS tahun ini terbagi atas 3 kegiatan yaitu: (1) Penguatan implementasi kurikulum (Curriculum Aligned), (2) Penguatan Kapasitas Publikasi Internasional, (3) Penguatan kapasitas mahasiswa dalam penyiapan proposal PKM yang kompetitif.

 

Pada Kegiatan penguatan implementasi kurikulum ini menekankan pada ketersediaan dokumen keselarasan kurikulum pada keterkaitan profil lulusan, Capaian Pembelajaran Lulusan, Mapping dan Struktur Kurikulum, Strategi Pembelajaran, dan Sistem Penilaian hasil belajar pada Program Studi Ilmu Komputer. Dokumen ini harus tersedia sebagai output dari kegiatan program PPKPS tahun 2017.