Program Studi Ilmu Komputer
Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Hasanuddin
Mahasiswa Ilmu Komputer Mewakili Unhas dalam Ajang KATULISTIWA 9

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined index:

Filename: views/berita.php

Line Number: 7

Backtrace:

File: /home/cs/public_html/application/views/berita.php
Line: 7
Function: _error_handler

File: /home/cs/public_html/application/libraries/Template2.php
Line: 25
Function: view

File: /home/cs/public_html/application/controllers/Main.php
Line: 211
Function: display

File: /home/cs/public_html/index.php
Line: 292
Function: require_once

| 00-00-0000 | khalil

Sebanyak 12 tim bersaing dalam ajang Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa Tingkat Nasional (KATULISTIWA) 9, yang diadakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang pada tanggal 5-7 Mei 2017. Mengusung jargon “Digitize Your Mind, Globalize Indonesia”,  para peserta mempresentasikan hasil karyanya berupa aplikasi dan prototype lainnya.
Universitas Hasanuddin sebagai satu-satunya kampus yang mewakili Indonesia Timur pada kompetisi karya tulis bergengsi di Indonesia ini mendelegasikan tiga orang mahasiswa. Mereka adalah A. Khalil Gibran Basir dari program studi Ilmu Komputer, A. M. Fatwa Rahman dari prodi Ilmu Politik dan Dinda Tri Lestari dari prodi Ilmu Gizi.
Membawakan karyanya, “Auditkotaku : Transparansi Dan Akuntabilitas Pembangunan Infrastruktur Perkotaan Berbasis Website Dan Mobile Application Di Kota Makassar “, Tim Unhas diberikan waktu sebanyak 10 menit untuk mempresentasikan karya dan protoype aplikasinya serta 2 menit tambahan untuk melakukan sesi tanya jawab. “Hal ini sangat menantang bagi kami, sebab banyak yang harus kami presentasikan namun hanya diberikan waktu 10 menit, belum lagi kami harus mempresentasikan aplikasi kami, jadinya kami harus mempercepat alur presentasi”, imbuh A. Khalil Gibran Basir.
Aplikasi Auditkotaku merupakan aplikasi yang membantu dalam mengawasi transparansi dan akuntabilitas anggaran pada sektor Infrastruktur di Kota Makassar. Hal ini murni merupakan hasil pemikiran Mahasiswa Universitas Hasanuddin yang timbul dari keresahan akan akses informasi terkait transparansi dan akuntabilitas anggaran infrastruktur yang saat ini belum menyentuh masyarakat secara keseluruhan. “Kami berharap, meskipun ini masih dalam bentuk prototype, namun aplikasi ini dapat membantu memasyarakatkan transparansi dan akuntabilitas anggaran infrastruktur di Kota Makassar, mengingat sekarang kita melihat banyak proyek infrastruktur yang belum sesuai dengan rancangan awal pengerjaannya”, imbuh Tim yang diketuai oleh A.M. Fatwa Rahman ini.
Meskipun belum memperoleh peringkat dalam ajang ini, Tim Unhas menyikapi dengan lapang dada dan menarik pelajaran di dalamnya. “Aplikasi lainnya tidak kalah keren, ini merupakan pengalaman pertama saya setelah sekian kali proposal saya ditolak untuk di danai. Saya menyikapi ini dengan baik, banyak pelajaran yang dapat saya peroleh. Apalagi relasi, saya sekarang terhubung dengan banyak teman-teman di Universitas lainnya di seluruh Indonesia. Saya berharap, ini dapat menjadi trigger bagi teman-teman di Ilmu Komputer Unhas untuk terus berkarya, wattunami keluarki unjuk gigi”, celutuk Khalil untuk memberikan trigger kepada teman-temannya di prodi Ilmu Komputer.