Program Studi Ilmu Komputer
Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Hasanuddin
Beat-Maps (Beacon Integration for Makassar Integrated Public Service Access)
13-05-2018|supriamir

Smartphone dewasa ini sudah menjadi sebuah kebutuhan primer bagi sebagian orang. Berdasarkan artikel yang dirilis oleh www.republika.co.id pada 2 November 2014, pengguna smartphone di Indonesia menduduki peringkat kelima dunia. Sekitar 80 persen dari masyarakat perkotaan di Indonesia memiliki perangkat ponsel khususnya smartphone atau ponsel pintar. Kondisi ini disebabkan oleh minat masyarakat Indonesia yang semakin meningkat akan akses informasi dan aktivitas mengekspresikan diri di media sosial. Perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang ini membuat masyarakat semakin membutuhkan informasi yang cepat dan akurat. Salah satunya adalah masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan publik dengan cepat. Dengan adanya dukungan sistem informasi mobile, masyarakat akan lebih mudah memperoleh informasi yang tepat dan cepat dengan cara memvisualisasikan informasi tersebut dalam bentuk gambar dan teks.
Jika kita melihat kondisi Negara Indonesia saat ini, birokrasi pemerintahan identik dengan prosedur yang berbelit-belit, tidak ada kepastian waktu, biaya mahal, dan sikap aparat yang tidak ramah kepada masyarakat. Citra buruk pelayanan publik seperti ini seakan tidak mengalami perubahan semenjak era reformasi berjalan. Birokrasi beserta pejabat publik di dalamnya seolah memelihara budaya dan kekuasaan lama. Bukannya mengembangkan suatu budaya baru pelayanan kepada warga Negara, melainkan tetap mempertahankan prosedur yang rumit.
Berdasarkan fakta-fakta tersebut sudah selayaknya pemerintah meningkatkan pelayanan publik dengan memanfaatkan teknologi yang telah berkembang di masyarakat, khususnya masyarakat Kota Makassar yang merupakan kota metropolitan kelima setelah Jakarta, Medan dan Bandung. Selain itu, Kota Makassar memiliki kedudukan yang sangat strategis baik dalam skala regional maupun nasional. Kota Makassar juga berperan sebagai Pusat
Kegiatan Nasional (PKN) yang berfungsi sebagai pusat produksi, distribusi barang dan jasa serta memiliki prospek perkembangan yang sangat pesat.
Teknologi Informasi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan pelayanan publik di Kota Makassar yaitu dengan memanfaatkan modul nRF51822 Bluetooth smart beacon kit yang dikoneksikan dengan android smartphone. Secara garis besar, teknologi ini memanfaatkan media bluetooth untuk komunikasinya antara modul nRF51822 dan android. Modul nRF51822 akan mengirimkan beberapa informasi yang dibutuhkan oleh publik ke android masyarakat.

Diharapkan dengan penerapan teknologi nRF51822 Bluetooth smart beacon kit dapat membuat pelayanan masyarakat khususnya Kota Makassar menjadi lebih cepat dan akurat sehingga kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik pemerintah Kota Makassar meningkat dan dapat mewujudkan Makassar smart governance menyongsong Indonesia emas 2045.

Cara Kerja Teknologi Modul nRF51822 Bluetooth Smart Beacon Kit

Internet of things adalah sebuah teknologi yang dapat menghubungkan benda-benda di sekitar kita melalui sebuah jaringan seperti internet. Setiap benda tidak harus terhubung ke internet untuk dapat disebut Internet of things, setiap benda yang dapat berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan jaringan nirkabel seperti Bluetooth dan inframerah sudah dapat dikatakan menerapkan prinsip Internet of things. Salah satu perangkat Bluetooth yang dapat diimplementasikan prinsip Internet of things yaitu nRF51822 Bluetooth Smart Beacon Kit. 

Teknologi nRF51822 bekerja dengan menggunakan bluetooth sebagai media komunikasi dan device yang memiliki fitur bluetooth yang dapat mengakses informasi dari iBeacon (perangkat yang terintegrasi dengan nRF51822). iBeacon adalah device positioning system dalam ruangan berdasarkan BLE (Bluetooth Low Energy) yang dapat mengirim informasi/pemberitahuan ke smartphone yang menjalankan iOS atau Android.

Salah satu perangkat iBeacon adalah cubeacon yang memiliki ukuran dengan dimensi (L x W x H cm) =13 x 5 x 13. Kemampuan Jangkauan Cubeacon mampu menjangkau 80-100 meter radius pada open space. Kemampuan Baterai Cubeacon mampu bekerja hingga 2 tahun dengan terus menerus mengirimkan signal broadcasting.

Implementasi Teknologi nRF51822 Bluetooth Smart Beacon Kit berbasis Android di Kota Makassar

Makassar merupakan kota metropolitan dengan kepadatan penduduk pada tahun 2013 mencapai angka 1.612.413 jiwa dan terus mengalami pertumbuhan signifikan setiap tahunnya. Sehingga, dengan laju pertumbuhan penduduk yang pesat serta tuntutan teknologi menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) maka akses informasi terhadap pelayanan publik harus semakin ditingkatkan. Demikian, masyarakat Makassar terus berbenah melakukan berbagai terobosan agar akses terhadap pelayanan publik semakin terjangkau.

Pada perancangan teknologi Beat-Maps, penerapan teknologi nRF51822 akan diterapkan pada fasilitas umum di kota Makassar seperti rumah sakit, bandara, PDAM, TELKOM, kantor kelurahan, kantor kecamatan, dan fasilitas umum yang lain. Pemasangan cubeacon akan diletakkan di samping lampu penerangan. Hal ini dilakukan dengan pertimbangan agar tidak mengganggu estetika ruang serta menghindari kemungkinan cubeacon dirusak atau dihilangkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.